Gagal Memindahkan SLiMS dari Komputer Lama ke Komputer Baru | Case Study SMPN 1 Warungkondang

Daftar Isi [Tampil]
Logo Gagal Memindahkan SLiMS dari Komputer Lama ke Komputer Baru
Sumber: SMPN 1 Warungkondang


Diskusi dengan Pustakawan

Pustakawan dari perpustakaan SMP Negeri 1 Warungkondangpertama kali menghubungi whatsapp official pustakawan care pada hari senin 3 Januari 2024. Pada kesempatan pertama, kami mengajak klien untuk menceritakan kronologi permasalahan yang dihadapi. Dimulai dari sejak kapan SLiMS mengalami error, hingga kondisi terkini dari aplikasi tersebut. 


Setelah dilakukan diskusi, kami memperoleh banyak informasi penting terkait SLiMS di perpustakaan SMPN 1 Warungkondang. Berikut adalah informasi yang kami peroleh:


[1] Pustakawan hendak memindahkan SLiMS dari komputer lama ke komputer baru dikarenakan PC sebelumnya rusak 


[2] Klien telah melakukan backup paket aplikasi dan database, sehingga data aplikasi aman


[3] Di komputer sebelumnya, pustakawan biasa menggunakan dua versi SLiMS secara bersamaan yakni versi bulian (9) untuk keperluan harian dan administrasi perpustakaan, sedangkan akasia (8) hanya untuk print label-barcode saja. 


[4] SLiMS menggunakan aplikasi xampp (localhost) sebagai server


[5] Masalah yang dialami adalah: klien tidak bisa mengakses SLiMS yang telah dipindahkan ke komputer baru. Padahal telah melakukan langkah-langkah sesuai dengan tutorial penggunaan aplikasi


Pemeriksaan & Pengujian

Pada hari Rabu, 5 Februari 2025, kami melakukan sesi remote PC guna memeriksa langsung aplikasi. Sebelum menerapkan langkah-langkah perbaikan, kami mencoba untuk mengulang proses migrasi SLiMS menggunakan data backup yang dimiliki oleh klien. 


Setelah beberapa kali pengulangan, kami sempat berhasil membuka aplikasi. Tampilan beranda muncul tanpa ada pertanda eror. Namun, ketika login, muncul notifikasi eror pada SLiMS (something wrong) yang mencegah kami untuk mengakses dashboard. Selain itu, data sql hasil backup berukuran lebih dari 40 MB.


Halaman login slims perpustakaan SMPN 1 Warungkondang

Butuh waktu sekitar 3 jam untuk benar-benar bisa mengidentifikasi sumber masalah. Setelah itu, baru memikirkan bagaimana solusi terbaik agar SLiMS bisa digunakan.


OPAC Perpustakaan SMPN 1 Warungkondang


Sumber Masalah Ditemukan

Setelah melewati pengujian berkali kali. Akhirnya, kami menemukan sumber masalah dari eror yang terjadi.


[1] versi SLiMS 9 yang digunakan adalah versi lama (9.0.0)


[2] versi xampp tidak kompatibel dengan SLiMS 9 (php 8.0)


[3] terdapat setingan yang belum sesuai pada xampp dan SLiMS


Penyelesaian

Maka untuk mengatasi semua kendala itu, kami memilih opsi yang paling aman. Kami memutuskan untuk mengupgrade versi xampp (php) dan SLiMS ke versi terbaru. Setelah memperoleh persetujuan dari pustakawan, maka solusi tersebut bisa segera dieksekusi. 


Dikarenakan data sql hasil backup terlalu besar untuk diimporkan, maka kami sedikit merubah settingan pada xampp yang baru lewat php.ini. Penyesuaian yang kami lakukan adalah dengan merubah parameter pada: 


[1] max_input_vars (1000 >>> 99999), hapus tanta ';' di kiri max_input_vars


[2] post_max_size (40 >>>> 1000)


[3] upload_max_filesize (40 >>>> 1500)


dashboard phpmyadmin xampp


Proses selanjutnya adalah menginporkan database, disambung dengan mengupdate versi SLiMS ke 9.6.1. Setelah semua proses selesai, SLiMS dapat digunakan secara normal tanpa menghilangkan data seperti gambar sampul dan icon perpustakaan dari SLiMS sebelumnya.


Semoga case study kali ini dapat membantu. Jika SLiMS Sobat mengalami masalah dan memerlukan perbaikan, segera hubungi kami lewat Whatsapp Official Pustakawan Care untuk kami carikan solusi terbaik bagi Sobat. 


Penulis: Pustakawan Care (Maulana Hasan)