Pustakawan di sana mengeluhkan SLiMS yang sering tiba-tiba log out sendiri disertai notifikasi bahwa admin tidak memiliki akses. Kami meminta pustakawan untuk menceritakan kronologinya dengan lebih urut. Menurutnya, ketika baru menginputkan buku, slims mendadak keluar; lalu saat mengakses menu-menu lainnya, hal yang sama pun terjadi. Padahal pustakawan baru login beberapa menit.
Dari cerita tersebut kami membuat sebuah dugaan sementara yakni, akses akun administrator tanpa sengaja terbatasi; atau sesi masuknya masih kurang. Selanjutnya, kami memberikan panduan pada pustakawan untuk memeriksa beberapa bagian seperti tabel user dan tabel user group di phpmyadmin. Namun, sumber masalah belum bisa ditemukan.
Pendalaman dan Pemeriksaan
Oleh karena itu, Tim Pustakawan Care menawarkan bantuan untuk pendalaman sumber masalah. Kami melakukan pendekatan lewat testing aplikasi; memeriksa hostingnya; dan source code SLiMS itu sendiri. Dari pemeriksaan lewat, kami menemukan beberapa temuan diantaranya;
[1] SLiMS yang digunakan adalah versi 9.6.4 bulian
[2] Layanan hostingnya berasal dari Rumah Web
[3] SLiMS diperuntukkan untuk skala kecil
[4] Hampir semua persyaratan Instalasi SLiMS sudah terpenuhi, seperti: PHP gettext, mbstring, dan GD
[5] Pada laman system, setting waktu login SLiMS normal-normal saja. Masih settingan secara default yakni 7200 detik atau setara dua jam.
Langkah - Langkah Perbaikan SLiMS sering log out sendiri
Untuk mengatasi SLiMS sering log out sendiri, ada beberapa langkah yang kami tempuh.
Pertama, memeriksa status dari administrator di tabel user di Phpmyadmin. Namun, tidak ditemukan permasalahan apapun semisal tabel yang corrupt
Kedua, memastikan pernyaratan instalasi sudah terpenuhi dengan benar. Ternyata ada satu yang luput dari perhatian yakni versi php yang digunakan adalah 8.2. Dilansir dari laman resmi SLiMS, untuk aplikasi versi 9.4.2, versi php yang digunakan adalah 8.1. Oleh karena itu, demi performa aplikasi, kami ubah dari php 8.2 ke 8.1.
Ketiga, dikarenakan pengguna ingin login lebih lama. Tanpa harus login terus-menerus, maka kami mengubah setting sesi login slims. Caranya, dengan menambah waktunya lewat menu system dari 7200 menjadi kelipatannya. Kemudian, kami juga melakukan sedikit perubahan pada source code.
Normalnya, secara default, ketika SLiMS didiamkan tanpa dilakukan action apapun oleh pengguna, maka waktu loginnya adalah sekitar 30 menit. Namun, jika slims secara aktif dipakai, lama waktu loginnya sekitar dua jam. Jadi, kami mengubah kedua perhitungan waktu tersebut supaya slims dapat digunakan lebih lama dari biasanya
Keempat, selanjutnya kami melakukan testing dengan mengakses semua menu dan menambahkan beberapa data bibliografi beserta eksemplarnya. Selain itu, kami mencoba untuk mengaktifkan semua plugin bawaan yang ada. Dengan harapan slims mungkin log out sendiri. Namun, setelah dua jam percobaan, tidak terjadi apapun. Maka kami mengambil kesimpulan, masalah telah selesai.
Kelima, domain dan hosting SLiMS tiba-tiba tidak bisa diakses. Dari notifikasi yang muncul, terjadi perubahan IP dan DNS sehingga pengguna diminta untuk merubah nameserver yang dipakai. Maka kami melakukan perubahan pada nameservernya. Perlu waktu sekitar satu jam sampai SLiMS bisa diakses kembali.
Setelah semua proses selesai, kami berkomunikasi dengan pengguna mengenai permasalahan dan solusi tambahan. Solusi tambahan ini terkait dengan browser yang digunakan oleh pengguna. Jika mengutip dari website lain, ada kemungkinan, error yang terjadi justru berasal dari browser. Jadi, kami meminta user untuk beralih menggunakan Chrome versi terbaru; dan meminta yang bersangkutan untuk menghapus cache dan cookie pada browser sebelum mengakses SLiMS.
Itulah case study mengenai SLiMS yang sering log out sendiri di perpustakaan SDN Mangga Besar 15 Pagi. Semoga case study kali ini dapat membantu. Jika SLiMS Sobat mengalami masalah dan memerlukan perbaikan, segera hubungi kami lewat Whatsapp Official Pustakawan Care untuk kami carikan solusi terbaik bagi Sobat.
Penulis: Pustakawan Care
Editor: -