Tidak bisa login SLiMS | Case Study Perpustakaan MAS As'adiyah Putri Sengkang

Daftar Isi [Tampil]

YOGYAKARTA - Pada Minggu, 21 Juli 2024, Pustakawan Care mendapatkan pesan konsultasi via DM Instagram dari seorang pustakawan di daerah Sengkang atas nama Nurfadillah. Pustakawan tersebut berkonsultasi mengenai eror yang terjadi pada aplikasi SLiMS di perpustakaannya.


Hasil dari konsultasi tersebut ditemukan beberapa fakta yaitu,

1. SLiMS masih menggunakan XAMPP (localhost)

2. Tidak dapat login ke dalam SLiMS

3. dan muncul notifikasi eror dari MySQL berikut adalah notifikasi yang muncul sesaat setelah mencoba login:


Error pada Aplikasi Perpustakaan SLiMS


Tim pustakawan care lantas mengambil alih dengan melakukan remote jarak jauh terhadap device yang dimiliki oleh pustakawan MAS As'adiyah Putri Sengkang tsb. Kami melakukan pendalaman dengan memastikan penyebab eror dan cara penyelesaiannya. 


Ditemukan bahwa penyebabnya adalah adanya tabel yang mengalami corrupt. Lebih tepatnya pada tabel user di phpmyadmin. Corrupt inilah yang menyebabkan pustakawan tidak bisa login ke dalam SLiMS. Setelah permasalahan ditemukan, kami segera melakukan backup demi mencegah terjadinya data hilang.


Ada beberapa cara yang kami gunakan,

(1) Pertama, repair database. Sayangnya, cara ini tidak berhasil. Padahal cara tersebut adalah cara tercepat dan terbaik.


(2) Kedua, mengganti tabel yang corrupt dengan yang baru. Cara satu ini sebenarnya lumayan panjangan step by stepnya. Singkatnya, kami mengganti tabel lama dengan tabel yang baru--mencangkokkan dari SLiMS lain. Resikonya, data user + passwordnya akan berubah dan perbedaan permission dari SLiMS yang dicangkok.


Semua resiko yang disebutkan sebelumnya benar-benar terjadi. Jadi, diperlukan beberapa penyesuaian sehingga tabel bisa berfungsi. Kami juga melakukan duplikasi pada database SLiMS sebelumnya dan menggantinya dengan yang baru. Hasilnya, SLiMS dapat berfungsi normal kembali.


Kami memberikan garansi 1 bulan kepada kak Nurfadillah selaku pustakawan. Jadi, jika error yang sama terjadi lagi, kami menggratiskan biaya perbaikannya. 


Tampilan Dashboard pada SLiMS

Semoga case study kali ini dapat membantu. Jika SLiMS Sobat mengalami masalah dan memerlukan perbaikan, segera hubungi kami lewat Whatsapp Official Pustakawan Care untuk kami carikan solusi terbaik bagi Sobat. 


Penulis: Pustakawan Care (Maulana Hasan)